Septie's Pages

Saturday, March 18, 2017

Review Buku: Jokowi Si Tukang Kayu

Jokowi si Tukang Kayu. Judulnya cukup menarik saat saya melihat buku ini di salah satu olshop. Seketika itu juga mata saya berbinar-binar dan ingin buku ini. Tapi setelah bukunya datang. Yaaa, ternyata buku ini adalah sebuah novel. Saya bukan penikmat buku novel sebenarnya, saya penikmat buku yang lebih ke self improvement. Jadi di awal agak kecewa dengan buku ini. "Pasti akan Baper lagi dech bacanya" dalam hati saya begitu. Tapi ya akhirnya saya putuskan untuk menikmati buku ini.
Eng ing eng setelah saya baca buku ini, saya suka sekali. Karena saya turunan jawa yah, jadi dibuku ini banyak dituliskan falsafah-falsafah jawa yang bagus sekali artinya, jika diartikan dalam bahasa jawa. Terkadang saya jadi teringat dengan tempat kuliah saya di semarang karena saya membaca serasa saya berada ditengah situasib tersebut.
Eittt sebelum saya cerita lebih rinci lagi berikut review sedikit dapat saya tuliskanJudul buku:
Jokowi si tukang kayu
Penulis: Gatotkoco Suroso
Penerbit: PT. Ufuk Publishing House
Jumlah halaman: 246
Daftar isi:
Catatan Penulis
Prolog
Sekar Pangkur
Sluku-sluku Bathok
Lampu Senthir
Pring Reketeg
Bantaran Kali
Wong Ndeso
Sambel Korek
Gondrong Ndeso
Terminal Tirtonadi
Rocker
Darah Muda
Nrimo Ing Pandum
Iriana
Ojo Dumeh
Simpel
Kerjo Mempeng Tirakat Banter
Gagal Logika
Welas Asih
Jokowi: Jeneng tanpa Jenang
Sapa Nandur Bakal Ngunduh
Ucapan Terima Kasih
Tentang Penulis

Ketika membaca buku ini saya teringat oleh salah satu judul sinetron dulu namanya Keluarga Cemara. Bedanya salah satunya  kalau keluarga cemara ditonton, ini di baca. Salah duanya keluarga cemara itu dari keluarga bandung kalau jokowi ini dari solo. Sehingga dari tata bahasa yang digunakan cenderung mengarah ke tradisi budaya solo. Itu pula yang membuat saya tertawa ketika saya membaca buku ini. Saya jadi teringat banyak adat-adat jawa ketika saya kuliah dulu. Saya jadI merasa saya berada di solo ketika saya membaca buku ini. 
Hal yang lucu yang saya ingat ketika saya membaca buku ini adalah arti singkatan Gondes. Dulu ketika kuliah banyak teman-teman saya sering mengatakan "piye ndes" artinya "gimana ndes?" Saya sempat bingung saat itu dan bertanya "ndes itu artinya apa" teman saya hanya menjawab "ndes itu kepanjangan dari gondes artinya setan" saya percaya saja dan manggut-manggut tanda setuju meskipun itu tidak cukup memuaskan. Naaaah! Dibuku ini, saya justru tau "gondes" itu apa, ternyata "gondes" itu adalah singkatan dari gondrong ndeso. Saya tertawa terpingkal menertawakan buku dan diri saya sendiri saat itu.
Banyak filosofi jawa, seperti:
Lagu pangkur, yang merupakan salah satu lagu macapat, yang berisikan munggah nduwur.

Sekar pangkur kang nirwana
Lelabuhan kang kanggo wong aurip
Ala lan becik puniku
Prayoga kawruhana
Adat waton puniku dipun kadulu
Miwa ingkang tatakrama
Den keesthi siyag ratri

Banyak sekali lagu adat jawa dituliskan, bagus juga untuk saya tuliskan disini:

Sluku-sluku Bathok

Sluku-sluki bathok
Bathoke ela-elo
Si rama menyang solo
Oleh-olehe payunh mutha
Tak jenthit lololobah
Wong mati ora obah
Yen obah medeni bocah
Yen urip goleka duit

Pring Reketeg

Pring reketeg gunung gampil gempal
Mlakuo sing jejeg dadi bocah ojo nakal
Pring reketeg gunung gamping gempal
Ojo gembeng-gembeng, nek gembeng di sruduk celeng
Ojo clingas-clingus nek clingus di ambung wedus
Ojo plenggang-plenggong nek mlenggong ndak koyo bangkong
Pring reketeg gunung gampil gempal
Ojo galak-galak mengko ndak gundulmu buthak
Ojo srakah-srakah mengko ndak wetengmu pecah
Pring reketeg gunung gampil gempal
Ojo prengat-prengut nek mrengut ambumu kecut
Ojo glendam-glendem nek ngglendem pipimu tembem
Ojo sruntal-sruntul nek nyruntul digondol tuyul
Pring reketeg gunung gampil gempal
Mlakuo sing jejek dadi bocah ojo nakal
Ojo bengak-bengok mengko ndak koyo kodok
Ojo pringas-pringis mengko ndak bathukmu klimis
Ojo cengar-cengir mengko ndak lambemu ndower
Pring reketeg gunung gampil gempal
Pring reketeg gunung gampil gempal
Dadi bocah sing sregep sinau ojo seneng dolan lan mblayang
Men mbesok dadi wong sing kepenak uripe lan kepomo manungsane

Ada lagi beberapa nasehat jawa, diantaranya:
Gusti Allah iku seneng wong kang gelem kerja mempeng tirakat banter, artinya Allah itu suka terhadap orang yang rajin bekerja dan tirakat.
Sawang sinawang artinya saling melihat. Kehidupan orang itu kita saling melihat, terkadang kita melihat orang lebih enak daripada kita, tapi belum tentu demikian.
Ojo dumeh, artinya jangan merasa paling kuat, paling hebat, dan paling berguna, karena manungsa itu tidak bisahidup tanpa bantuan orang lain.
Bagus ya, dari buku ini dan beberapa nasehat jawanya saya menjadi semakin bangga dengan Indonesia dan budaya jawa. Berharap dengan buku ini banyak orang membaca dan semakin mencintai budaya Indonesia.

1 comment:

  1. view back ya sis

    http://bandarqiu-99.com/bandar-remi-9-terpercaya/

    ReplyDelete