Septie's Pages

Friday, July 1, 2016

Family Gathering Navigator

Hi guys, kali ini saya akan membagikan hasil retreat Family Gathering Navigator, yang di adakan di Hotel Lor Inn, Solo, Jawa Tengah. Hotelnya cantik sekali dengan pelayanannya ramah (karena memang kami adalah pelanggan yang sangat menyebalkan saat itu). Saat itu yang paling saya suka adalah pemandangannya yang indah dan luas disekeliling hotel. Saya saat itu sekamar dengan sahabat saya Bertania Aripin, kemudian tanpa disengaja ternyata saya saya sekamar dengan kakak saya Sintha Mallisa. Wah saya jadi lebih Excited mengikuti acara Family Gathering tersebut
Acara tersebut diadakan tgl 23-25 juni 2016. Karena sudah sangat excited dan prepare jauh-jauh hari. Pagi pertama saya hari itu saya berenang berdua dengan Bertania , tempatnya asyik, cuma karena kolam renang tersebut di desain untung foreign atau orang asing a.k.a bule, saya sempet hampir tenggelam, hehe, untunglah itu tidak terjadi. Saya masih bisa menikmati acara saat itu. Di hari kedua kami bertiga fitness, pengen sepedaan sih, hanya fasilitas sepeda dihotel itu disewakan, alias kami harus merogoh kocek lagi. jadi kami urungkan niat kami, dan pagi itu cukup fitness saja. Hahaha, itulah sedikit cerita tentang hotelnya.
Acara dimulai seperti biasa jam 8 pagi kami sudah harus berkumpul di aula dan mengikuti seminar yang pembicara yang dihadirkan dari luar negeri. 
Berikut catatan yang saya dapatkan di acara seminar dan pleno kemarin:


Living and Dicipling Among The Lost
By. Alan Ch'ng
International Vice President of Navigator




Sebagian orang berpikir firman itu seperti "peta" yang akan memimpin kita untuk mencari sesuatu barang yang berharga atau seperti "peraturan" tentang apa yang harus dan tidak harus kita lakukan. Namun sebenarnya Firman itu sederhana seperti "kompas" yang menunjukan dimana arah itu. Injil itu sangat sederhana hanya kita yang membuatnya begitu ribet dan memusingkan (hehe... termasuk saya sendiri).
1 Korintus 13:3: Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai KASIH, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku. Kasih adalah inti dari panggilan kita.
Jadi Inti dari Injil itu sebenarnya hanyalah KASIH.
1 Petrus 2:12: Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.
"Hidup yang baik" apakah itu? Hidup yang diserahkan kepada Tuhan
Motivasi untuk hidup baik:
- karena keselamatan yang telah kita terima
- karena kita akan menjadi seperti apa.
Bagaimana kita menyerahkan hidup kita kepada Allah?
1 Peter 2:13 dan 18; 13:1-16: berbicara tentang keluarga, pekerjaan------> seluruh aspek kehidupan kita. Dalam menyerahkan kehidupan kita kepada Allah memerlukan kerendahan hatian dan kita perlu contoh hidup baik dari orang lain.
Good lives: Philip 2: dan 1 Pet 2: Belive in God control
Bagaimana Paulus rela dirinya menjadi korban agar orang lain diselamatkan. Ngeri ya, begini perkataannya (Filipi 2:17) "Sekalipun darahku dicurahkan menjadi korban dan ibadahmu, aku bersukacita dan aku bersukacita juga dengan kamu"
We never can be control of our life. But sometime we just try to control in our life, but we out of control we will going mad.
We just need to "doing good"
Mengapa kita harus melakukan apa yang baik? (1 Petrus 2:15) "Karena ini kehendak Allah", yaitu supaya dengan berbuat baik kita bisa membungkam kepicikan orang-orang yang bodoh.
Hearing is not enough, they need see the gospel
Seeing is not enough, they need hearing the gospel
People need hear dan see the gospel
Work humbly and trust God.
Living Good Lives : Life as servant of God
The core: make Jesus known among the lost.
1 peter 2:17 love the brotherhood of believers
Jesus gospel : relax, ketika makan bersama dan ada seorang yg berdosa mengurapi kakinya.
Living among the lost is different with going for the lost.
Hidup ditengah-tengah bangsa terhilang itu berbeda dengan pergi untuk orang yang terhilang. Jika dengan pergi, mereka tidak pernah melihat keseharian mereka, namun Allah meminta kita untuk living atau hidup atau tinggal ditengah orang yang terhilang.
And then, who has God gave u?? Siapa orang-orang yang bersama dengan kita setiap harinya??? Orang tua kita? Pembenci kita? Orang kaya? Miskin? Teman Kantor?
Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang terhilang. Jika Allah mengatakan mereka terhilang sesungguhnya mereka benar-benar terhilang tak peduli seberapa sukseskah hidup mereka.


Worker of the kingdom are next door to everywhere
by. Mutua Mahiani
President international of Navigator



 

Working with God same as with Join with God, Bekerja bersama Allah sama dengan bergabung dengan rencana Allah. Banyak orang berpikir, jika kita bekerja maka Tuhan bersantai, Alkitab mencatat "God still work" ketika kita bekerja bersama Allah adalah satu kehormatan.
When God told them, that them lost, they are still lost, no matter how rich and success them life.
Dawson Trotman: pendiri navigator says:
I believe it is an army of soldiers, dedicated to Jesus Christ, who believe not only that he is God, but that He can fulfill every promise He has ever made, and that there isn't anything too hard for him"
Gospel: because God make it happen.
Injil kerajaan Allah sedang berjalan maju
Salib terlihat seperti sebuah kegagalan, dunia menganggap sebagai suatu kegagalan dalam hidup. Namun Allah melihat itu sebuah misi penyelamatan bagi manusia.
How does the light advance??
Seperti suatu lampu disuatu ruangan, lampu itu memberikan terang
-terang itu menyebar keseluruh ruangan
-terang itu juga menarik kehidupan kepadanya
Work is a privilege
Suatu keistimewaan, seperti seorang anak dan saudara kandungnya yang lumpuh dan harus digendongnya kesana-kemari. Saat ada orang berkata "berat sekali bebanmu nak" dia berkata "ini bukan beban, ini adikku"
Peter advice for working hard better than everyone
Setiap orang sehari bertemu rata2 8 orang sehari, Allah meletakkannya bukan tanpa alasan.
He will use everyone for doing his Work. Maybe we cant like aslan of africa (make a joke for pray them food first for waiters). God will use who want not who can.
Amanat agung bukan suatu deskripsi kerja,namun karena kasih yang meluap.



Hidup sebagai orang indonesia
By Agung Purnomo
ex. Presiden Navina

Perpindahan jabatan mas agung ke mas rudy
Mas Rudy membagikan: Yesaya 49:6 yang bunyinya "Terlalu sedikit bagimu hanya untuk menjadi hamba-Ku, hanya untuk menegakkan suku-suku Yakub dan untuk mengembalikan orang-orang Israel yang masih terpelihara. Tapi Aku akan membuat kamu menjadi terang bagi bangsa-bangsa supaya keselamatan yang dari pada-Ku sampai ke ujung bumi."
Meminta pekerjanya, untuk regenerasi staff baru, pelayanan kampus dan masyarakat saling menolong. Untuk menghasilkan kekuatan bersinergi.

Panggilan kita untuk indonesia, Navina. Karena terkadang saya lupa kalau saya orang Indonesia. haha, kemudian dilanjut dengan Mas Agung membagikan:
Paul heart : orang macam apa dia ini? :D
Roma 9:3: Bahkan, aku mau terkutuk dan terpisah dari Kristus demi saudara-saudaraku, kaum sebangsaku secara jasmani.
Paulus berbangga akan bangsanya
Roma 9:6, 8: Akan tetapi firman Allah tidak mungkin gagal. Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel,
Artinya: bukan anak-anak menurut daging adalah anak-anak Allah, tetapi anak-anak perjanjian yang disebut keturunan yang benar.
Siapakah orang indonesia sebenarnya? Orang yang menerima perjanjian.
Kita berada diindonesia karena ada satu alasan.
Kitalah orang indonesia. Pray for indonesia



The passion to know, love and become like Jesus Christ
By. Alan Ch'ng
International Vice President of Navigator


Filipi 3:1-16
Karena kita harus hidup didalam janji-janji Allah
Janji Allah itu pasti tidak seperti janji manusia
Peter vs Jesus
Peter berjanji bahwa dia akan mati untuk yesus, namun diakhir cerita bukan peter yg mati, namun Yesus yang mati untuk peter.
Give theme best time for your best friend, jika pada waktu pagi kmu tidak bisa mendengar paling baik, ambillah waktu terbaikmu.
Living a life with God, bukan
live From God dari Tuhan, semua berkat dari Tuhan meminta pada Tuhan
live Over God menyuruh Tuhan memenuhi keiinginan kita
live For God untuk Tuhan, kerjakan untuk Tuhan supaya diberkati
live Under God dibawah Tuhan, hubungan sebab akibat, jika kita baik kita akan dapat berkat, jika tidak akan dihukum
Milikilah pengenalan yang benar akan Yesus
Kita lebih mudah terkonsentrasi melihat tangan Tuhan dibanding melihat wajah Tuhan.
The Goal is not our benefit but living a life with God
Henokh= examples who walk with God
Paul: can embraced circumstances can bring good, semakin dalam lembah semakin tinggi puncak
To know christ we must full of obedient

Demikian catatan saya semalam, maaf bahasanya agak campur aduk dan gak jelas, karena pembicaranya dari luar dan saya harus buru-buru mencatat. tapi tetap ok kog, untuk dinikmati :)

No comments:

Post a Comment