Septie's Pages

Wednesday, June 17, 2020

Backpacker Banjarmasin-Karimun jawa-Wonosobo

Ga kerasa ya udah di bulan juni aja yaaah. Perjalanan ini tepatnya dimulai di bulan Desember 2019, jadi semoga masih cukup related sama situasi kondisi sekarang yah.

18 Desember kami memulainya, kami berangkat sekeluarga menuju semarang. Kami berangkat ber empat orang, mama, papa, aku dan adek. Tapi mama papa hanya sampai di semarang dan langsung menuju wonosobo, sedangkan aku dan adek melipir sebentar ke karimun jawa karena sekalian tiket terbang ke pulau jawa.

Setelah sampai disemarang, kami menginap dulu disemarang, karena pengen jalan-jalan disemarang.  Nginapnya di Hotel MG setos hotel semarang, hotel bintang 3 dengan layanan yang baguslah, tapi jangan dikira saya bayar cukup mahal,  saya mendapatkannya hanya dengan 100ribu permalam perkamar dan saat itu saya membooking 2 kamar, karena sedang ada promo EPIC trave***a saat itu. Wow banget yaaaa....

Dari bandara menuju ke Hotel saya menggunakan jasa by trave***a juga, senilai 90k. Agak mahal sih, tapi gpplah, bareng sama orang tua juga kan. Mohon maap bapak emang agak 4lay.

Seharian kami disemarang sampai tanggal 19 pagi saya dan adik menuju ke jepara sedang mama dan papa langsung menuju ke wonosobo. Saya menuju kejepara dengan memanfaatkan jasa trave***a lagi, wkwkwk... Saya beli voucher murah bis yang bisa di beli di sh**pe saat itu, voucher 50k yang senilai 5k perlembar, wow banget kaaan.... Jadi saat itu saya bayar biaya travel dari semarang jepara hanya 60k yang seharusnya 110k setelah dilakukan pemotongan voucher saya senilai 50k. Saya sengaja memilih hotel MG setos saat itu karena letaknya yang ditengah kota dan sangat mudah jika ingin jalan2 ke mall atau lawang sewu di sekitar hotel, belum lagi travel alloy yang saya naiki berada di jalan pemuda sekitar daerah hotel juga. Travel alloy sengaja saya pesan di jam 15 sore, agar saya dapat menghabiskan waktu banyak di semarang, yang saat itu saya habiskan di kota lama semarang.

Jam 15 perjalanan pun di mulai, memakan waktu kurang lebih 2-3jam menuju jepara. Dan saya langsung diantarkan ke red doors tempat kami menginap, dengan tambahan uang 20k. Kenapa harus menginap di jepara? Karena kapal untuk penyebrangan menuju karimun jawa adanya pagi, jam 7 pagi, jadi kita harus nginap dulu di jepara ya, di pantai kartini jepara, dijepara kita bisa berjalan-jalan dan melihat kura-kura ocean park di sana, hanya sedikit agak kotor utk pantai disana, dan banyak nyamuk (*manja bangetttt dech). Penginapan yang paling dekat hanya red doors itu, gk ada yg lain yg lebih dekat dan murah diarea dermaga. Permalam di reddoors senilai 210k,  (*mahal banget yaaa wkwkwk)  itupun sudah dibantu promo potongan 30k :')

Setelah lelah perjalanan semarang-jepara tidur di reddoors itu lelap sekali.  Pagi harinyaaaa

Lets gooooooo!!!!

Jam 6 pagi sudah wajib berada di dermaga utk mengantri tiket, (mayan siii ketemu bule mirip chris marteeen wkwkwk) saya membeli tiket ekonomi yang murche,  (*teteup) senilai 90k karena kapal ekonomi jalannya agak lambat, baru sampai di karimun jawa sekitar jam 12 siang jadi kira-kira perjalanan 4-5 jam diatas kapal ekonomi, tapi tenang perjalanannya seru dan mengasikkan kog bagi pecinta pantai.

Sesampainya dijepara sudah di jemput bersama bukit-bukit kecil di dermaga, (*wow banget yaaaa...). Setelah itu saya langsung menemui bapak-bapak yang akan menyewakan motor selama di karimun jawa, penyewaan motor saat itu hanya 100k selama sehari no Kontak beliau 081293945027, setelah itu kami berdua berkeliling jepara sebelum menuju hotel tempat kami menginap. Tapi perlu diingat di karimun jawa tidak ada signal, jadi kami agak kesulitan mencari hotel tempat kami menginap, dan hari sudah mulai gelap, sempat nyasar di hutan-hutan gitu. Serem dech, wkwkwkwk. Sampai akhirnya kami bertemu hotel Royal Oceans View Beach.
Harganya cukup mahal dan saya tidak dapat promo, justru malah dapat harga yang lebih mahal, harga yg saya dapat di trav****a jauh lebih mahal dibanding di pe**-pe** disitulah saya merasa sedih, tapi memang sengaja saya pilih karena hotel itu menyajikan view beach yang heaven on earth banget dech, Harga hotel yang saya dapatkan 560k.
Saya melakukan penginapan semalam di hotel itu, karena besok paginya kami langsung melanjutkan snorkling.

Besok harinya ditanggal 21 kami melakukan snorkling yang langsung di jemput dari hotel,  biaya snorklingnya 200k perorang seharian dan termasuk makan siang sampai kulit gosong, termasuk dokumentasi ya.
Selesai snorkling kami kembali diantar menuju hotel dan menggunakan sepeda motor kami pindah hotel menuju lain yang dekat dermaga. (*paling males tidur dihotel yang sama, alias mahal siiii hotelnyaa) Harganya 210k include breakfast lumayan lah. Saya menginap di Escape Beach Hotel, tapi pantai didepan Escape Beach ini ombaknya agak besar jadi kalau malam, saya tidak dapat tidur mendengar suara deburan ombak (*berharap tidur tenang, ternyata ombak serta hujan malam itu membuat kami kalang kabut ketakutan)

Paginya kami sudah memperoleh tiket kapal menuju semarang dengan menggunakan kapal cepat, dengan harga 125k perorang, dengan perjalanan sekitar 2 jam, perjalanan baru dimulai sekitar jam 9 pagi dan tiba di jepara sekitar jam 11 siang. Sesampainya saya di jepara saya sudah dijemput oleh kencana travel, travel yang kali ini saya dapat dari trav*****a juga dengan memanfaatkan potongan voucher. Sesampainya di semarang kira-kira jam 2, dan saya melanjutkan perjalanan naik angkot dari java mall menuju travel 3 bintang seharga 5k perorang. Perjalanan menuju wonosobo dimulai pukul 15.00 saking mepetnya waktu kami, makan siang hanya sanggup pop mie diatas travel wonosobo semarang. Travel 3 bintang harga perorangnya 60k, tapi karena saya menggunakan voucher saya hanya perlu membayar 70k untuk berdua.

Jadi traveling itu tidak mahal, asalkan kita pandai2 mencari promo dan mau tinggal atau tidur dimana saja.
Saya akan buatkan kisaran harga untuk perorang untuk sekali perjalanan ini:
  • Tiket pesawat                                                     : Rp.    800.000
  • Hotel semarang                                                  : Rp.     50.000
  • Reddoors jerapa                                                 : Rp.    105.000
  • Travel Semarang-jepara                                     : Rp.      30.000
  • Kapal ekonomi jepara-karimun                         : Rp.      90.000
  • Sewa motor                                                        : Rp.      50.000
  • Hotel ocean beach                                              : Rp.    230.000
  • Hotel escape beach                                             : Rp.    105.000
  • Kapal cepat karimun-jepara                               : Rp.     125.000
  • Travel jepara-semarang                                      : Rp.       30.000