Septie's Pages

Saturday, September 24, 2016

Review Buku: Becoming a Woman of Prayer

Judul buku: Becoming a Woman of Prayer
Penulis: Cynthia Heald
Cetakan: 1, 2010
Penerbit Indonesia: Pionir Jaya
Penerjemah: Yeni Agus Salim
Penerbit Asli: NavPress, U.S.A
Tahun Pertama terbit: 1996
Jumlah Halaman: 100

Daftar isi: 
Saran untuk menggunakan buku ini
Pendahuluan
1. Undangan untuk Menuju Keintiman
2. Berdoa dalam Iman
3. Pertolongan Allah dalam Doa
4. Bersukacita dalam Allah
5. Jawaban Allah
6. Ketika Allah Diam
7. Teladan Tuhan tentang Berdoa
8. Doa untuk Orang Lain
9. Bertekun dalam Doa
10. Menerima Undangan Allah
11. Saat-saat Indah Ketika Berdoa

Tentang penulis: 
Cynthia Hall Heald adalah penduduk asli Texas. Ia dan suaminya, Jack, yang berprofesi sebagai dokter hewan, adalah staf full time di The Navigators di Tucson, Arizona. Mereka mempunyai empat anak: Melinda, Daryl, Shelly dan Michael.
Cynthia lulus dari University of Texas dengan gelar BA dalam bidang bahasa inggris. Ia sering berbicara untuk kelompok wanita gereja dan pada seminar-seminar serta retreat.
Cynthia juga merupakan penulis dari buku pemahaman Alkitab terbitan NavPress Becoming a Woman of Excellence, Becoming a Woman of Purpose, Becoming a Woman of Freedom, Intimacy with God, Loving Your Husband (buku pendamping dari Loving Your Wife karya Jack dan Cynthia) dan Becoming a Woman who walks with God.
___________________________________________________________________________________________
Objek utama dari doa adalah memuliakan Tuhan Yesus. Kita harus meminta dalam nama Kristus "supaya Bapa dipermuliakan didalam Anak" (Yohanes 14:13). Dengar! Kita tidak boleh mencari kekayaan atau kesehatan, kemakmuran atau keberhasilan, ketenangan atau kenyamanan, kerohanian atau keberhasilan dalam pelayanan hanya untuk kesenangan atau kemajuan atau ketenaran kita sendiri, tetapi hanya demi Kristus-bagi kemuliaan-Nya.
-Dari The Kneeling Christian
Buku ini dirancang untuk digunakan secara individual maupun dalam kelompok kecil dan untuk wanita segala usia ataupun status. Buku ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang dapat harus kita jawab sejujur-jujurnya. Karena pertanyaan tersebut mengacu diri kita dan digunakan untuk menoreksi kekurangan ataupun hal-hal yang masih belum benar dalam diri kita, misalnya saja di Bab pertamanya, Cynthia Heald menjelaskan tentang undangan Allah kepada kita dalam sebuah keintiman. Cynthia mengutip beberapa tulisan atau kata dari berbagai tokoh terkenal dunia. Di Bab 1 Cynthia menuliskan:
Bagaimana kalau Allah tidak menuntut doa sebesar Is memberikan doa? Bagaimana kalau Allah ingin agar kita puas karena doa? Bagaimana kalau doa adalah alat Allah untuk memelihara, memulihkan, menyembuhkan dan mengubahkan kita? Maka berdoa berarti membiarkan diri kita untuk di cintai, diperhatikan dan dipelihara oleh Allah. Bagaimans kalau dengan berdoa berarti kita membuka diri untuk menerima karunia Allah dan hadiratNya? Bagaimana kalau dengan berdoa kita melakukan bagian kita ,membiarkan Allah menjadi sang pemberi? Maka doa bukanlah kewajiban tetapi sebuah kesempatan untuk mengalami kasih yang menyembuhkan dan mengubahkan.
_Martin smith
Yang kalau tidak salah nih, martin smith salah satu musisi terkenal dunia yang pernah berkolaborasi dengan hillsong. 
Kemudian Cynthia memberikan sedikit pemahaman tentang undangan Allah tentang doa.
Allah penguasa seluruh alam semesta yang kekal, berkuasa, mulia ini ingin dekat dengan kita! Dia ingin kita memanggil, berseru, bernyanyi untuk-Nya. Dia rindu untuk mengasihi, memperbaharui, mendorong kita. Dia ingin menjawab semua panggilan kita dan memberitahukan kepada kita hal-hal besar dan tidak terpahami. Allah ingin kita tahu bahwa Dia selalu siap bersekutu; Dia selalu siap mendengarkan. Dia rindu menjadi bagian dari hidup kita, sehingga kita bisa datang kepada-Nya kapan saja. Dia mengatakan bahwa kita bebas memanggilNya dimanapun kita berada, mengatakan apapun dalam hati kita. Dia bersukacita karena terlibat dalam hidup anak-anak-Nya, dan doa adalah karunia dan undangan menuju keintiman denganNya.
Ketika saya mereview buku ini saya benar-benar sedang mengalami flue berat. Dan sakit saya berturut-turut, di bulan kelahiran saya ini, diawal bulan say mengalami jatuh dari motor saya hanya karena saya mengerem mendadak, saya terjatuh dan kaki saya luka dan bengkak, 4 hari saya hanya berada di atas tempat tidur, saya masih menikmati masa-masa itu, dipertengahan bulan saya mulai mengalami tidak enak badan, saat itu saya merasa perut saya sakit, ternyata itu hanya pengaruh tamu bulanan, dan di akhir bulan ini, saya diserang oleh rhinitis alergi. Secara bertahap obat sudah saya minum, dan hari ini saya tergeletak kembali di tempat tidur saya. Dan saya kembali diingatkan untuk berdoa. Mungkin, Allah menginginkan waktu untuk bercakap lebih banyak pada saya, baiklah :)
Beberapa contoh pertanyaan dibuku ini adalah
Allah terus menyatakan keinginan-Nya untuk bersekutu dengan kita. Bagaimana ayat-ayat berikut menggambarkan keinginan Allah untuk menikmati keintiman dengan kita?
Yeremia 29:11-14
Roma 8:14-17
Wahyu 3:14-22
Disitu kita harus mengisi sendiri dengan membuka Alkitab kita sendiri dan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Di buku ini kita dituntut untuk menemukan sendiri. Buku ini cocok untuk di jadikan bahan Pendalaman Alkitan kelompok atau pribadi. Bahasanya lugas dan gampang dimengerti. 

No comments:

Post a Comment